UMKM


1. UMKM Produk Olahan Singkong 

Desa Mojosari memiliki potensi kuliner yang unik dan menarik. Ada beberapa produk olahan yang bahkan tidak akan ditemukan di daerah lain. Olahan singkong yang dihasilkan berupa produk mentah, setengah mentah, dan matang. Produk yang termasuk olahan singkong berarti memiliki bahan dasar dari singkong, bisa berupa tepung/sari pati, singkong secara utuh, bahkan campuran. Produk UMKM yang dihasilkan dari kreativitas, kerja keras, dan bentuk inovasi dari Ibu -Ibu  Desa Mojosari yaitu berupa, tepung pati basah, rengginang singkong, pingjet, berbagai jenis kerupuk pati, combro, berbagai jenis opak, kletuk, keripik, dan sebagainya. Produk-produk UMKM Desa Mojosari tentu saja sebagian besar sudah memiliki NIB, dan ada yang sampai tahap pengajuan PIRT. Berikut beberapa data pelaku usaha Desa Mojosari

No.

Nama UMK

Produk

1

Ibu  Maryatun

Pingjet, keripik singkong dan talas

2

Ibu  Jemi

Rengginang singkong

3

Ibu  Umi    

Opak atum

4

Ibu  Khotimah

Kerupuk pati

5

Ibu  Ngatini

Opak atum

6

Ibu  Warni

Kerupuk pati

7

Ibu  Suminggu

Kerupuk pati

8

Ibu  Sartinah

Combro dan keripik talas

9

Ibu  Sari

Tepung tapioka basah/pati

10

Bapak Rudin

Tepung tapioka basah/pati

11

Ibu  Klinem

Kletuk

12

Ibu Parilah

Kletuk, dan makanan ringan lain

 

2. UMKM Industri Olahan Makanan

Selain produk olahan singkong, di Desa Mojosari juga terdapat beberapa kulier lain berupa produk dari industri makanan basah juga industri kue dan roti. Hal ini membuktikan, kualitas pangan Desa Mojosari sangat baik. Kegiatan usaha makanan yang diciptakan oleh perempuan-perempuan desa merupakan bentuk mata pencaharian lain karena kemandirian dan perwujudan kemampuan memasak yang tidak diragukan lagi. Beberapa kegiatan usaha yang ada yaitu sebagai berikut:

No.

Nama Pelaku Usaha

Produk

1

Elbika catering & snack, Ibu Satiah

Ingkung, tumpeng, masakan jadi, catering, nasi box, ayam goreng, berbagai jenis kue basah, dan sebagainya

2

Ibu Watiah, Ibu, Khotimah

Kue semprong

3

Rokhimah pastry & snack

Roti kacang, nastar, sagon, keripik pisang, dan sejenisnya

4

Canggah Grup

Ayam bakar, paket nasi box, dll

 

3. UMKM Non-Kuliner

Selain produk makanan dan berbagai jenis makanan ringan, potensi UMKM Desa Mojosari juga berasal dari produk industri dan jasa. Banyak sekali kegiatan usaha Non-Kuliner di Desa Mojosari, namun sebagai bahan informasi, ada tiga kegiatan usaha yang bisa diketahui. Seperti pada Karya Utama Las yang dimiliki oleh Bapak Khamim. Produk yang dihasilkan dari kegiatan usaha ini berupa jasa las, tralis, penyediaan bahan konstruksi dari logam, dan yang paling utama yaitu mesin ketel uap untuk pembuatan tahu, tempe, dan kerupuk. Untuk produk ketel uap sendiri sedang pada proses pengajuan merk dagang dan SNI. Kegiatan usaha dengan produk jasa lain yaitu ada Nyoss Printing dan Najma Sanggar Rias & Dekorasi. Nyoss Printing bergerak di bidang pencetakan data dengan mesin printer atau fotokopi. Selain itu juga menerima jasa pembuatan atau cetak banner, desain, pencetakan undangan, kalender, wall decor, dan kegiatan percetakan lainnya. Sedangkan Najma Sanggar Rias & Dekorasi bergerak di bidang jasa make-up atau tata rias untuk kebutuhan pernikahan, wisuda, dan lainnya, serta menyediakan persewaan seperangkat perlengkapan kegiatan resepsi, pesta atau acara lainnya. 


Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 081393289511
Email:  mojosariberdaya@gmail.com
Website: https://mojosari-mojotengah.wonosobokab.go.id

Desa Mojosari, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo